Perkembangan model busana di Indonesia maupun dunia sudah sangat bervariasi. Untuk mengimbangi perkembangan tersebut, menjadi pekerjaan rumah bagi desainer-desainer untuk selalu berinovasi menciptakan busana yang unik dan kreatif sehingga tetap bisa mengikuti perkembangan zaman. Di layar kaca, kita sering kali melihat public figure yang hobi menggunakan baju-baju unik rancangan desainer-desainer ternama, bahkan beberapa busana yang dikenakan oleh Lady Gaga dalam beberapa kesempatan merupakan hasil rancangan desainer berbakat asal Indonesia, Tax Saverio. Itu semua membuktikan bahwa desainer-desainer di Indonesia sudah diakui karyanya di tingkat dunia.

Tanggal 1 Desember 2015 di Gedung Kesenian Sunan Ambu ISBI Bandung diselenggarakan event rutin tahunan yang disebut dengan Art of Costume. Acara of Costume merupakan kegiatan yang diadakan oleh Himpunan Tata Rias Busana (HIMTARIUS) dan Prodi Tata Busana Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. Di setiap tahunnya kegiatan ini mempunyai tema yang berbeda dan seluruh anggota HIMTARIUS ikut berpartisipasi untuk menampilkan karya ciptannya baik individu maupun berkelompok.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa dituntut untuk menciptakan sebuah desain busana yang inovatif. Pada tahun ini, Art of Costume mengangkat tema Indonesian Heritage, semua karya busana yang ditampilkan harus mengandung unsur warisan budaya Indonesia. Hal yang keren menurut saya adalah, busana-busana ini dirancang oleh mahasiswa jurusan Tata Rias Busana angkatan tahun 2012-2013 itu berarti mereka baru berusia 20-22 tahun. Diusia yang terbilang muda, mereka bisa menciptakan karya busana yang sangat luar biasa, sekilas akan nampak seperti rancangan desainer-desainer senior.

Selain Art of Costume, mahasiswa Tata Rias Busana ISBI Bandung selalu menciptakan busana kreatif ketika Tugas Akhir yang merupakan syarat kelulusan bagi mahasiswa Tata Rias Busana, para mahasiswa dibebaskan mengeksplor segala imajinasi yang nantinya dituangkan dalam bentuk desain busana, dalam beberapa tahun terakhir sudah banyak busana yang tercipta dari para mahasiswa, beberapa diantaranya ada perancangan busana pernikahan modern, perancangan busana yang terinspirasi dari kembang gula bahkan ada busana yang terinspirasi dari film horror Indonesia.